Home » 7 Tanda Mesin Screw Press Perlu Servis

7 Tanda Mesin Screw Press Perlu Servis

Mesin merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi pabrik di berbagai bidang, termasuk mesin screw press. Oleh sebab itu, mesin seharusnya diservis secara rutin agar tetap bisa memiliki performa yang baik.

Salah satu mesin di industri yang perlu diservis adalah mesin screw press. Bila mesin ini tidak di servis, maka akan mempengaruhi hasil dari pengolahan mesin tersebut. Berikut berbagai tanda mesin tersebut perlu diservis.

7 Tanda Mesin Screw Press Perlu Servis

Tanda Mesin Screw Press Perlu Diservis

Apapun jenis mesin pasti perlu diservis karena alasan yang sama. Di samping itu, screw press juga punya alasan lain yang juga membuatnya perlu diservis. Inilah deretan alasan tersebut:

Sudah Masuk Waktu Servis Rutin

Setiap mesin mempunyai waktunya sendiri-sendiri kapan harus diservis rutin, termasuk screw press. Hal ini juga bisa bergantung pada kapasitas, jenis, dan merk mesin.

Oleh sebab itu, Anda perlu bertanggung jawab akan perawatan mesin dengan  memiliki jadwal kapan screw press harus diservis dan apa saja yang perlu diservis.

Performa Menurun

Fungsi utama dari mesin screw press adalah untuk memeras kelapa sawit agar menghasilkan minyak. Namun bisa saja hasil ini menurun karena mesin tidak mampu memeras dengan baik lagi.

Oleh sebab itu perhatikan hasil minyak dari mesin ini. Jika memang benar-benar menurun apalagi drastis, maka Anda perlu mencari tahu penyebabnya dengan menservis mesin tersebut.

Berbunyi Asing

Mesin memang akan berbunyi ketika dijalankan. Namun terkadang ada bunyi asing yang tidak seharusnya dihasilkan oleh mesin. Bila dibiarkan, bunyi ini tak hanya mengganggu pendengaran namun juga merusak mesin.

Oleh sebab itu, perhatikan mesin ketika digunakan apakah ada bunyi yang asing atau tidak. Jika ada, segera servis mesin agar tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Suku Cadang Lepas

Mesin screw press memiliki beragam suku cadang yang mendukung performa mesin tersebut. Namun akibat alasan tertentu, suku cadang tersebut bisa terlepas hingga membuat performa mesin turun bahkan membahayakan penggunanya.

Oleh sebab itu, perhatikan kerja mesin dan sekitar. Bila ada tanda-tanda suku cadang kendor bahkan terlepas, segera perbaiki. Namun bila tidak bisa langsung diperbaiki, maka mintalah bantuan profesional agar diservis.

Kurang Pelumas

Beban kerja yang diberikan pada mesin bisa membuat pelumas cepat kotor bahkan habis. Jika hal ini terjadi dan dibiarkan maka mesin akan segera mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, perhatikan berapa banyak beban kerja mesin yang bisa ditanggung pelumas dalam sekali ganti. Bila memang beban kerja berlebih, maka pertimbangkan untuk menservis mesin lebih cepat dari jadwal servis.

Mesin Rusak

Bagian-bagian mesin screw press bisa mengalami kerusakan, seperti suku cadang. Hal ini tentu berpengaruh pada performa mesin bahkan membahayakan penggunanya bila tidak segera diperbaiki.

Oleh sebab itu, perhatikan mesin apakah ada kerusakan atau tidak. Bila ada kerusakan, maka segeralah untuk meminta bantuan profesional agar diservis.

Mati Total

Akibat alasan tertentu maka mesin bisa mengalami mati total. Tentu ini akan mempengaruhi kinerja pabrik. Oleh sebab itu, jangan menunda lagi untuk servis ketika mesin mati total agar Anda bisa melanjutkan produksi.

Demikian 7 tanda mesin screw press harus diservis. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan terkait servis mesin tersebut ataupun membutuhkan unit baru screw press, Anda bisa langsung saja menghubungi kami PT. Yuan Adam Energi. Kami akan menjawab segala pertanyaan Anda dengan senang hati.

PT Yuan Adam Energi

Head Office:
Jl. Basuki Rahmat No. 2
Batang - Jawa Tengah

Semarang Office:
Jl. KS Tubun No.23 Ungaran
Semarang - Jawa Tengah

Surabaya Office:
Ruko Galaxi Bumi Permai Blok J1/23A
Jl. Raya Sukosemolo, Semolowaru
Sukolilo - Surabaya

Bekasi Office:
Ruko Grand Galaxy City RRG 1 No. 52,
Jaka Setia, Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Recent Posts

Our Partner : 
Jasa Epoxy Lantai